Laman

Kamis, 23 Februari 2012

Bahan Bahan Fiberglass

Dalam proses pembuatan barang fiberglass memerlukan bahan bahan sebagai berikut :


Bahan Utama yaitu :



1. Resin sebagai bahan pengisi cetakan, 
 Berupa cairan agak kental merupakan bahan utama. Resin mempunyai beberapa tipe dari yang keruh, berwarna hingga yang bening dengan berbagai kelebihannya seperti kekerasan, lentur, kekuatan dan lain-lain. dan juga  harga yang bervariasi

2. Kobalt sebagai bahan pengeras
(Resin yang ada ditoko rata rata sudah dicampur kobalt) Berupa cairan  berwarna kebiru-biruan berfungsi sebagai bahan aktif pencampur katalis (merupakan bahan penyempurna) terutama apabila kualitas katalisnya kurang baik dan terlalu encer.

3. Katalis sebagai bahan pengering
Berupa cairan jernih dengan bau menyengat. Berfungsi sebagai katalisator agar resin lebih cepat mengeras

4. Serat fiber (MAT) sebagai tulang penguat. 
Berupa anyaman mirip kain dan terdiri dari beberapa macam anyaman  mulai halus sampai dengan yang kasar atau besar dan jarang-jarang. Berfungsi sebagai penguatdasar fiberglass, sehingga spada saat  campuran resin dan katalis  mengeras, mat berfungsi sebagai pengikatnya. dan membuat fiberglass menjadi kuat dan tidak mudah patah

Bahan Pelengkap yaitu :


1. Gelcoat sebagai bahan pelapis cetakan
 Berupa cairan kental (salah satu jenis resin) sebagai bahan pelapais pada proses pembuatan cetakan bahan fiberglass. Dilapiskan berkali kali dengan mat fiber sesuai kebutuhan

2. Mirror glaze wax sebagai bahan anti lengket
Bahan antilengket pada proses pencetakan agar barang fiberglass tidak  lengket dengan cetakannya

3. Aseton sebagai pengencer dan pencuci
untuk pengencer resin yang mengental karena sudah terlalu lama disimpan. juga untuk pencuci ceceran bahan fiberglass dalam cetakan.


4. Pigment / Bahan pewarna
 adalah Bahan pewarna untuk mewarnai  bahan fiberglass. Bahan pewarna dicampurkan pada resin sebelum dicampur dengan katalis..


5. Bahan penjernih (MMA)
 Berupa cairan bening yang mudah menguap dengan bau menyengat.Berfungsi membuat resin menjaadi lebih bening dan cemerlang. Juga berfungsi mengurangi  terjadinya gelembung pada saat pencampuran resin katalis.

Mungkin anda berminat :
CD Belajar Fiberglass
....................................

2 komentar:

  1. Gan mau tanya nih, gimana caranya supaya lapisan fiberglass jadi tebal? Apakah bisa dengan memperbanyak campuran talc-nya? Berapa perbandingan maksimalnya? Saya pengen buat bak untuk ikan. Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Maaf tanya lagi gan, apakah jika cetakan terbuat dari fiberglass juga tetapi dilapisi wax bisa tidak lengket? Terima kasih.

    BalasHapus